Wednesday 15 April 2020

CARA BETERANAK AYAM HIAS KATE




Beternak ayam kate pastinya juga sangat mengasikan apabila sudah mengerahui Cara Ternak Ayam Kate Di rumah. Banyak sekarang yang beternak ayam kate di rumah, karena betuk ayam ini sangatlah lucu. Apakah kalian juga ada beternak ayam kate di rumah. Informasi 

Cara Ternak Ayam Kate Di rumah


Ayam Kate dalam bahasi Inggris di kenal sebagai Ayam Batam. Ayam Kate ini pertama kali di temukan oleh para pedagang Eropa pada sekitar tahun 1700an di pelabuhan pulau jawa bernama Batam. Karena bentuknya  yang mini dan lucu, banyak yang pelihara ayam kate ini sebagai ayam hias, bukan ayam pedaging atau ayam petelur.

Ayam kate masih akan menjadi hewan peliharaan yang menawan yang akan banyak memberikan kalian yang indah. Dan kegunaan telur ayam kate ini angat lezat dan banyak mengandung gizi seperti ayam kampung biasanya. Namun berbeda hanya dengan ukurannya, karena ukuran telur ayam kate ini lebih kecil di bandingkan dengan telur ayam kampung.

Nah apakah kalian berminat untuk beternak ayam kate ini? Jika kalian berminat, berikut ini akan kami berikan cara ternak ayam kate kepada kalian. Jadi bagi kalian yang baru saja ingin mencoba ayam kate di rumah atau yang sudah beternak ingin mencari tau lebih jauh kalian bisa membaca artikel yang telah kami buat di bawah ini. Langsung saja kita bahas artikel yang telah kami buat di bawah ini :

Lokasi Kandang Ayam Kate


Biasanya dalam beternak ayam pastinya untuk lokasi sangat menjadi beban pikiran buat kita, karena di mana bau ayam ini sangatlah tidak di sukai oleh semua orang. Namun kalian tidak perlu risau, ayam kate ini tidaklah seperti ayam lainnya yang harus membutuhkan lahan yang besar untuk di jadikan kandang ayam kate ini.

Untuk lokasi kandang, kalian bisa membuat berdekatan dengan sekitar rumah kalian saja, seperti di sebelah rumah atau di belakang rumah. Walau pun kalian pelihara di sebelah rumah, tapi kalian harus tetap perhatikan lokasi tersebut apakah aman dari hewan predator atau tidak? Karena jika di sekitar rumah ada hewan predator maka itu akan membuat ancaman bagi ayam kate.

Baca Juga :Cara Beternak Ayam Kalkun Dengan Baik

Pembuatan Kandang Dan Peralatan Ayam Kate


Nah jika kalian sudah mendapatkan lokasinya, maka selanjutnya pembuatan kandang juda sudah bisa di lakukan. Seperti ayam lainnya, bahwa ayam kate juga harus memiliki kandang yang aman nyaman dan kokoh untuk di hungi di rumah. kalian bisa membuat pagang di sekililing kandang ayam, agar ayam selalu terlindung dari hewan predator.

Sementara untuk sekliling kandang bisa kalian gunakan bahan yang tidak mudah hancur, seperti kawat. Dan kalian bisa menurup seluruh kandang mulai dari samping dan atas. Sedang di dalam pagar yang kalian buat tadi harus memiliki ruangan yang di jadikan sebagai rumahnya ayam. Jadi ayam akan berlindung pada malam hari, atau ketika hujan dan panas.

Peralatan Yang Di Butuhkan :

Tempat pakan dan minum
Tengkrengan
Sapi dan garukan
Suntikan
Namun peralatan apa yang kalian butuhkan kalian bisa mempersiapaknnya.
Baca Juga : Ternak Ayam Potong Dengan Keuntungan Yang Besar

Makanan Dan Minuman Ayam Kate


Ayam kate harus memiliki nutrisi yang yang sama seperti ayam biasanya. Namun hanya ayam kate ini kalian bisa memberikan pakan dengan jumlah yang sedikit saja, sesuai dengan ukuran tubuh ayam ini. Kalian bis amemberikan pakan yang berkualitas seperti pelet spesial untuk unggas. Selain pelet kalian jusa bisa memberikan pakan buah dan sayuran segar seperti, semangka, bayam, stroberi dan labu.

Sedangkan untuk minum ayam kalian bisa memberikan air bersih yang di campur dengan vitamin khusus untuk  ayam. Untuk memberikan minum kepada ayam, kalian bisa memberikan air yang bersih yang tidak tercemar. Karena jika kalian memberikan air yang sudah tercermar kepada ayam, maka ayam sangat mudah terserang penyakit.

Baca Juga : Panduan Beternak Ayam Bangkok Aduan

Masa Bertelur Dan Jumlah Telur Ayam Kate

Pada saat waktunya sudah tiba, maka ayam kate akan masuk masa bertelur. Pada masa bertelur, ayam akan menghasil 4-5 butir telur per minggu. Namun itu akan di lihat kembali dari jenis ayam yang kalian pelihara, biasanya ayam jenis ayam yang di pelihara adalah jenis white leghorn. Ukuran ayam yang di hasil sangatlah kecil tidak seperti ukuran telur ayam biasanya.

Jika sudah pasa saat betelur sudah selesai, maka ayam akan masuk pada masa pengeraman. Untuk masa pengeraman biasanya membutuhkan waktu selama lebih kurang 21 hari. Namun jika kalian sudah mendapatkan telur yang banyak maka kalian bisa menggunakan alat penetas telur.

Baca Juga : Panduan Ternak Ayam Kampung Bagi Pemula
Juga 
Perawatan Anak Ayam Kate


Pada saat ayam sudah menetas, maka hal yang harus kalian lakukan adalah perawatan pada anak ayam kate. Nah jika kalian ingin tau bagaimana anak ayam kate? Langsung saja kita bahas artikel di bawah ini :

Isi bagian bawah bak plastik dengan satu inci kertas robek atau sedotan. Pastikan bagian bawah kotak tidak licin, karen ayam rentan terhadap kaki yang terpeleset jika berada di permukaan licin.
Isi sumber air dengan air yang bersih setiap air sudah habis, jika terdapatkan lendir dan kotor, maka kalian bis amenggosok tempat air tersebut.
Sedangkan agar anak ayam selalu hangat ketika hujan dan di malam hari, maka kalian bisa memberikan bola lampu agar anak ayam selalu hanget.
Untuk tempat makan dan minum harus di tempatkan di sisi yang sama, agar anak ayam bisa bergerak dengan mudah dan leluas.
Nah ketika kalian memberikan ayam lampu, maka kalian harus perhatikan, karena jika meringkuk di bawah cahaya bearti mereke kedinginan. Sedangkan jika mereke menyebar dengan sayap mengantung dan bernafas dari mulut, bearti mereka kepasnasa.
Untuk pemberian pakan dan minum kalian bisa memberikannya pada siang dan malam hari, sementara lampu bisa kalian jauhkan pada siang hari. Jika di kotoran ayam terdapat darah maka kalian bisa mencari tau sakit ayam tersebut.
Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Koi Yang Benar

Perawatan Ayam Kate Dewasa


Nah jika kalian sudah paham dalam perawatan anak ayam kate, waktunya kita ke tahap pemeliharaan ayam kate yang sudah dewasa. Untuk merawat ayam dewasa ada beberapa tahap yang harus kalian perhatikan, apa saja tahap tersebut? Langsung saja kita bahas artikel di bawah ini :

Tempatkan dua sampai tiga inci sedotan di lantai rumah ayam kalian. Isi feeder dengan pakan berlapis 16 – 18 % protein. Isi tempat minum ayam kalian dengan air, setelah itu bisa di taruh pada tempat masing-masing yang mudah untuk di akses oleh ayam.
Periksa keadaan ayam setiap hari. Kalian bisa memberikan makana yang segar dan air setiap hari dan kumpulkan telurnya. Dan jangan lupa untuk membuang sampai yang bisa di lakukan pada kandang sudah kelihatan kotor saja.
Agar ayam selalu terjaga kesehatannya, maka kalian bisa melihat pada bagian lendir di bagian mata, lubang hidung, atau mulut yang merupakan gejala infeksi pernafasan. Jika ayam terkena serangan tersebut maka kalian bisa memberikan antibiotik kepada ayam.
Jika ayam terlihat mengalami ganguan neurologis an kotoran yang tidak biasa, mereka perlu di rawat karena infeksi.
Baca Juga : Panduan Beternak Kuda Dengan Benar

Cara Ternak Ayam Kate Di rumah
Bagaimana  apakah kalian sudah paham dengan cara ternak ayam kate yang kami berikan di atas? Apakah kalian sudah ingin mencoba untuk ternak ayam kate di rumah? Jika sudah maka jangan menunggu lama lagi langsung saja mencoba ternak menggunakan Cara Ternak Ayam Kate yang kami berikan

Bismillah 
Info pemesanan ayam hias bekisar bisa pesen disini hubungi nomer tlpon whats app 
089637822311 three 
081390418867 simpati 
SILAHKAN HARGA AYAM HIAS KATE   Harga ayam bekisar
Alamat :
Pemesanan 
 kios pasar burung muntilan, magelang 
Jawa tengah 
Kandang di gulon 
Salam 
Magelang 
Jawa tengah

Siap kirim ke tempat Anda 

Ramah dan amanah

No comments:

Post a Comment