MENU AYAM HIAS

MASTERHIAS

Tuesday 14 April 2020

BETERNAK MERPATI HIAS KIPAS, PERSI,





Cara Mudah Beternak Merpati Kipas Dengan Benar. Tentu saja kalian sudah mengetahui dan pernah mendengan burung merpati yang satu ini. Burung ini sangat lah cantik di karenakan bentuk ekornya yang menyerupai seperti kipas. Burung merpati kipas sangat lah di minati oleh banyak orang.

Cara Mudah Beternak Merpati Kipas Dengan Benar


Burung Merpati kipas ini yaitu salah satu burung hias yang sangat di gemari banyak orang. Tak hanya kecantikan bulunya tetapi hal yang paling utama dari burung merpati kipas ini yaitu ekornya. Merpati kipas memiliki ekor yang kembang dan menyerupai layaknya sebuah kipas. Burung ini menjadi salah satu burung hias yang sangat anggun dan menawan. Tak jarang orang menjadikannya hewan peliharaan di rumah, bahkan juga banyak orang yang mengembang biakan burung merpati kipas ini.

Apakah kalian tertarik untuk beternak burung merpati kipas ini.? Jika kalian tertarik dan ingin beternaknya silahkan simak artikel saya di bawah ini. Di sini saya akan membagikan 1 tips Cara Mudah Beternak Merpati Kipas Dengan Benar.

Pemilihan Kandang



Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam cara mudah beternak merpati kipas dengan benar  yaitu pemilihan sistem kandang. Ada beberapa kandang dalam beternak merpati kipas, yaitu. Kandang Baterai, Kandang Koloni, Kandang Umbaran, dari kandang kandang tersebut. Ada kelebihan dan kekurangan masing masing kandang. Silahkan simak di bawah ini.

Kandang Baterai
Kandang batrai ini yaitu kandang khusus untuk sepasang merpati kipas, yang memiliki ukuran 90cm x lebar 50cm x tinggi 50 cm juga. Kelebihan dari kandang batrai ini yaitu menghemat tempat, sebab kandang ini bisa di susun. Itu dapat mempermudah anda untuk mengontrol merpati yang sedang sakit, dan juga menghindari perkelahin antara pasangan lainnya.

2. Kandang Koloni

Dalam cara mudah beternak merpati kipas dengan benar. Anda akan di kenalkan dengan yang namanya kandang koloni, kandang koloni ini yaitu kandang yang besar dan dapat menampung semua merpati kipas anda dalam satu kandang. Kelebihan dari kandang ini yaitu lebih menghemat waktu dan kandang ini sangat efesien dalam beternak merpati kipas, dan juga tidak terlalu menguras tenaga dalam perawatannya.

3. Kandang Umbaran

Dan terakhir yaitu kandang umbaran. Kandang umbaran yaitu dengan cara melepaskan merpati pada alam terbuka. Kelebihan dari kandang ini yaitu dapat menghemat pakan dan tenaga anda dalam perawatannya.

Makakan Merpati Kipas.

Setelah kandang selanjutnya yaitu memberi pakan pada merpati kipas anda. Pakan burung merpati kipas sebenarnya sangatlah mudah, yaitu hanyalah jagung saja. Tetapi dalam cara mudah beternak merpati kipas dengan benar yaitu anda juga harus memberi asupan nutrisi yang baik bagi burung merpati kipas anda. Berikut pakan yang sangat baik bagi burung merpati kipas, yang dapat anda berikan.

Beras Merah
Milet Putih
Voer, BR, Konsentrat berbentuk biji
Jagung Pecah.
Untuk pemberiannya yaitu anda bisa memberikan dengan perbandingan 1:1 sesuai dengan usia burung, agar nutrisinya terpenuhi.

Asupan Pakan Penunjang

Cara mudah beternak merpati kipas dengan benar, selain memberi pakan yang di atas. Aanda juga harus memberikan asupan pakan penunjang nutrisi Dan vitamin lainnya yaitu seperti buah dan sayuran di bawah ini.

Wortel yang sudah di haluskan terlebih dahulu.
Kangkung
selada
bayam
pepaya
kecambah.
Dan setelah itu anda juga harus menyediakan batu krikil yang paling kecil untuk mempermudah penghancuran makanan yang masih kasar di perut burung.

Menyediakan Tempat Makan Dan Minum Yang Tepat



Selanjutnya anda juga harus menyediakan tempat makan dan minum bagi burung merpati kipas. Tempat makan yang paling tepat di berikan yaitu wadah anti tumpah, agar makanan yang di berikan tidak tumpah bertaburan di bawah kandang. Sedangkan untuk tempat munum anda bisa mengguanakan tempat minum untuk ayam. Dan juga anda harus selalu mengganti arinya setiap harinya agar air selalu bersih dan tidak terkontaminasi dengan bakteri dan kuman.

Pemberian Pakan Dan

No comments:

Post a Comment